selamat datang dan salam berjuang Free West Papua.

ALIANSI MAHASISWA PAPUA (AMP) SEKTOR TANGERANG BANTEN

-->

Sabtu, 11 Juni 2016

LIPI: Jika Tahun Ini Tidak Dialog, Papua Akan Lepas

0
Dosen FISIP UNcen, Marinus, Yaung, Peneliti LIPIAdriana Elisabeth dan Binny Buchori
Gagasan dialog antara Papua dan Jakarta terus disuarakan oleh Jaringan Damai Papua (JDP) kali ini, Lembaga Pemeneliti Indonesia (LIPI) menginginkan adanya dialog antara rakyat Papua dan pemerintah Indonesia.

Dukungan terhadap gagasan dialog tersebut disampaikan oleh Adriana Elisabeth dari LIPI, dirinya mendesak pemerintah Indonesia untuk segera membuka dialog Jakarta-Papua. Hal itu disampaikan dalam diskusi Politik tentang persoalan di Papua yang dihadiri oleh Staf Ahli presiden Jokowi, Adriana Elisabeth dari LIPI, Kepolisian, Peneliti, Akademi dan stackholder lainnya.

Diskusi tersebut, LIPI dan JDP menginginkan adanya dialog antara Jakarta dan Papua untuk menyelesaikan semua persoalan di Papua. Persoalan Papua yang sudah lebih dari setengah abad itu, menurut LIPI dan JDP hanya bisa diselesaikan melalui dialog.
"Jika dialog nasional tidak digelar segera dalam tahun ini, tidak ada harapan lagi Papua akan tetap menjadi bagian dari Indonesia. Kata penenilit LIPI Dr. Adriana Elisabeth

Desakan tersebut mungkin saja gertakan kepada pemerintahan Jokowi-JK untuk lebih melihat Papua dari segi pembangunan dan lainnya.

Aksi Demo KNPB tuntut Referendum bagi Papua Barat
Namun sisi lain, banyak Aktivis pro Papua Merdeka, Aktivis hak asasi manusia dan  rakyat Papua mengganggap dialog yang digagas kedua lembaga tersebut tidak akan menyeselesaikan semua persoalan di Papua. Gagasan dialog dari kedua lembaga tersebut mengarah ke Papua tetap didalam Indonesia. Sedangkan di Papua sendiri tuntutan referendum dan Papua Merdeka gencar disuarakan. Mengingat berbagai persoalan yang dihadapi rakyat Papua selama setengah abad lebih setelah dianeksasi kedalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tidak ada komentar: